KEMENTERIAN
PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekretariat : Kompleks Gedung A2 Lantai 3, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (pola 17+) |
|
Rombel
|
:
|
2
|
|
|
Semester/
Tahun
|
:
|
IV/2013
|
|
|
Hari/tanggal
|
:
|
Selasa/
23 April 2013
|
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
60
menit
|
|
|
Tempat
|
:
|
Lab
BK/ Ruang Observasi
|
|
|
Layanan/Bidang
|
:
|
Konseling
Kelompok dan Layanan Informasi/ Pribadi
|
|
|
Judul
/Spesifikasi Layanan
|
:
|
Layanan
konseling kelompok dan layanan informasi mengenai keterampilan menghadapi
masalah
|
|
|
Fungsi
Layanan
|
:
|
1.
Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai keterampilan
menghadapi masalah
2.
Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam
menghadapi masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
|
Tujuan
(Khusus)
|
:
|
1.
melatih keterampilan mahasiswa dalam menghadapi masalah
|
|
|
|
|
2. menumbuhkan
rasa percaya diri mahasiswa dalam menghadapi masalah
3. memandirikan
mahasiswa dan memantapkan keyakinan mahasiswa bahwa ia mampu menjadi konselor
|
|
B.
|
Materi
|
:
|
Keterampilan
menghadapi masalah (Coping)
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
Metode
|
:
|
Konseling
Kelompok dan Pemberian Informasi
|
|
|
|
|
|
|
D.
|
Kegiatan
|
|
|
|
|
Awal
|
:
|
1.
pengenalan konseling kelompok
|
|
|
|
|
2. pengenalan
anggota kelompok
3. materi
pendahuluan mengenai keterampilan menghadapi masalah
|
|
|
Inti
|
:
|
|
|
|
Eksplorasi
|
:
|
melibatkan mahasiswa dalam mencari dan
menggali informasi yang luas dan dalam tentang keterampilan
menghadapi masalah dengan belajar dari
aneka sumber;
|
|
|
|
|
|
|
|
Elaborasi
|
:
|
Meminta
mahasiswa menuliskan pengalamannya atau cara-cara yang digunakan ketika
menghadapi masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
Konfirmasi
|
:
|
1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan mahasiswa
2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber,
3. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan mahasiswa yang menghadapi kesulitan, dengar menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
b. membantu menyelesaikan masalah;
c. memberi acuan agar mahasiswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. memberikan motivasi kepada mahasiswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
|
|
|
|
|
|
|
|
Akhir
|
:
|
1.
menyimpulkan
|
|
|
|
|
2.
penutup
|
|
E.
|
Alat
dan Media
|
:
|
LCD,
draft materi keterampilan menghadapi masalah, power point mengenai materi,
video terkait keterampilan menghadapi masalah
|
|
|
|
|
|
|
F.
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
Penilaian Proses
|
:
|
Focus
pada aktivitas mahasiswa dalam mengikuti layanan
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Hasil
|
:
|
Keputusan
untuk memberikan Laiseg, Laijapen, atau Laijapan
|
|
G.
|
Buku
Sumber
|
:
|
1.
Prayitno, dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.
Jakarta: Rineka Cipta
2.
Prayitno. 1995.
Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
3.
Munandir. 1996. Program bimbingan karier di sekolah. Jakarta: DEPDIKBUD
4.
Http://www.masbied.com/2010/02/15/mekanisme-pertahanan-diri-dan-mekanisme-coping/
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang , 23 April 2013
Mengetahui
: Perencana
Layanan,
Dosen Pembimbing
Dra.
Sinta Saraswati, M.Pd, Kons. Diah Wahyu
Muryastuti
NIP
19600605 199903 2 001 NIM
1301411058
0 komentar:
Posting Komentar