Minggu, 09 Juni 2013

contoh satlan karier



KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
logo unnes1UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekretariat : Kompleks Gedung A2 Lantai 3, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.
 


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (pola 17+)



Rombel
:
2
Semester/ Tahun
:
IV/2013
Hari/tanggal
:
Selasa/ 23 April 2013
Alokasi Waktu
:
60 menit
Tempat
:
Lab BK/ Ruang Observasi
Layanan/Bidang
:
Konseling Kelompok dan Layanan Informasi/ Pribadi
Judul /Spesifikasi Layanan
:
Layanan konseling kelompok dan layanan informasi mengenai keterampilan menghadapi masalah
Fungsi Layanan
:
1.      Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai keterampilan menghadapi masalah
2.      Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi masalah




A.
Tujuan (Khusus)
:
1. melatih keterampilan mahasiswa dalam menghadapi masalah



2.   menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa dalam menghadapi masalah
3.   memandirikan mahasiswa dan memantapkan keyakinan mahasiswa bahwa ia mampu menjadi konselor
B.
Materi
:
Keterampilan menghadapi masalah (Coping)




C.
Metode
:
Konseling Kelompok dan Pemberian Informasi




D.
Kegiatan



Awal
:
1. pengenalan konseling kelompok



2.   pengenalan anggota kelompok
3.   materi pendahuluan mengenai keterampilan menghadapi masalah


Inti
:


        Eksplorasi
:
melibatkan mahasiswa dalam mencari dan menggali informasi yang luas dan dalam tentang keterampilan menghadapi masalah dengan belajar dari aneka sumber;






        Elaborasi
:
Meminta mahasiswa menuliskan pengalamannya atau cara-cara yang digunakan ketika menghadapi masalah





       Konfirmasi
:
1.   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan mahasiswa
2.   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber,
3.   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a.    berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan mahasiswa yang menghadapi kesulitan, dengar menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b.   membantu menyelesaikan masalah;
c.    memberi acuan agar mahasiswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d.   memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e.    memberikan motivasi kepada mahasiswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.






Akhir
:
1.      menyimpulkan



2.       penutup
E.
Alat dan Media
:
LCD, draft materi keterampilan menghadapi masalah, power point mengenai materi, video terkait keterampilan menghadapi masalah




F.
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut



     Penilaian Proses
:
Focus pada aktivitas mahasiswa dalam mengikuti layanan





     Penilaian Hasil
:
Keputusan untuk memberikan Laiseg, Laijapen, atau Laijapan
G.
Buku Sumber
:
1.      Prayitno, dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
2.      Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
3.      Munandir. 1996. Program bimbingan karier di sekolah. Jakarta: DEPDIKBUD
4.      Http://www.masbied.com/2010/02/15/mekanisme-pertahanan-diri-dan-mekanisme-coping/









Semarang , 23 April 2013
Mengetahui :                                                                           Perencana Layanan,
Dosen Pembimbing                            



Dra. Sinta Saraswati, M.Pd, Kons.                                         Diah Wahyu Muryastuti                    
NIP 19600605 199903 2 001                                                 NIM 1301411058

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 I'm a Counselor and Powered by Blogger.